Arsip

Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Mukjizat Air Putih

Banyak Orang yang lupa dengan minuman yang sederhana ini, yaitu air putih. Mereka malah minum minuman populer seperti kopi, teh, atau cola.
Mereka beranggapan semua itu bisa menggantikan air putih. Pemikiran itu jelas keliru. Air putih menyediakan manfaat kesehatan yang tidak dapat diberikan oleh minuman-minuman macam itu. Bahkan sari buah-buahan yang penuh vitamin sekali pun tak bisa menandinginya. Meski dari segi nutrisi penting, tapi sari buah-buahan tidak membersihkan tubuh Anda.


Air putih, salah satu pelengkap dari cara hidup sehat selain mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan air putih, kita dapat memperoleh banyak manfaat antara lain :

1. Membantu mengurangi stres;
Minum air sepanjang hari yang penuh tekanan dapat mengurangi stres akibat gejala yang beragam seperti sakit kepala, otot tegang, hati berdebar, dan energi yang rendah. Itu karena stres mempengaruhi semua sistem dasar tubuh dan ketika mengalami dehidrasi, maka akan meningkatkan efek stres. Lebih dari setengah berat tubuh adalah air, pengurangan hanya sekitar 2 persen pada hidrasi memiliki dampak yang dramatis pada tingkat energi dan fungsi kognitif. Dan dehidrasi lebih lanjut akan meningkatkan kadar kortisol, yaitu hormon stres. Air tidak akan menyebabkan stres hilang. Tetapi air dapat memberikan lebih banyak energi, meredakan ketegangan, merilekskan pernapasan, dan mengurangi ketegangan pada jantung.

2. Banyak minum air dapat menurunkan berat badan;
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2010, orang dewasa yang berusia 55-75 tahun, minum dua gelas air sebelum makan dikaitkan dengan penurunan berat badan hampir 4 kg dalam 12 minggu dibandingkan pada kelompok kontrol yang makan diet yang sama tapi tidak memiliki H20 sebelum makan. Peserta minum rata-rata 1,5 gelas air sehari sebelum studi.

3. Minum cukup air dapat mencegah sakit;
Hidrasi membuat selaput lendir dapat berkerja dengan baik. Selaput lendir merupakan penjaga gerbang untuk sistem pertahanan alami yang membantu mencegah kuman seperti virus pilek dan flu. Ketika jaringan ini mengering, kuman dapat lebih mudah menembus ke nasofaring, dimana saluran hidung dan mulut bertemu. Tingkat keparahan penyakit cenderung lebih rendah jika telah minum banyak air. Air merupakan langkah utama untuk menjaga kesehatan ketika sedang bepergian.

4. Membuat tubuh lebih nyaman;
Minum akan membuat tubuh lebih hangat di hari yang dingin. Termostat internal dapat bekerja lebih baik ketika tubuh terhidrasi dengan baik. Air membantu mengatur suhu tubuh. Sistem tubuh pengatur suhuh, diatur oleh hipotalamus di otak, terus mengambil informasi yang memungkinkan untuk membuat penyesuaian untuk mempertahankan suhu inti cukup stabil. Tetapi mekanisme tersebut akan bekerja kurang baik jika tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah risiko umum bagi orang-orang dari segala usia, di musim dingin maupun musim panas. Dalam cuaca dingin, misalnya tubuh kehilangan uap air melalui napas dan banyak orang cenderung minum lebih sedikit air dalam cuaca dingin.

5. Air dapat membantu menjaga tekanan darah;
Air adalah yang mengaktifkan sistem saraf parasimpatik, yang terkait dengan melawan sistem yang membuat tubuh lebih waspada, menaikkan tekanan darah sesaat, dan meningkatkan energi. Pingsan setelah menyumbangkan darah sering dihubungkan dengan penurunan tekanan darah, dan air tetap akan melawan efek tersebut. Tidak minum cukup air secara teratur juga dapat meningkatkan tekanan darah. Karena dehidrasi penyebab pembuluh darah mengerut karena tubuh berusaha untuk menghemat air yang kehilangan melalui keringat, buang air kecil, dan pernapasan. Ketika pembuluh darah menyempit, bagaimanapun jantung akan memompa lebih keras, sehingga tekanan darah naik.



Beberapa orang kadang punya kebiasaan minum air putih hangat saat baru bangun tidur.
Kebiasaan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Apa saja manfaat meminum air putih hangat di pagi hari?
Berikut adalah beberapa manfaatnya, antara lain:

1. Pembersihan dan pemurnian;
Salah satu manfaat paling penting dari minum air hangat adalah efektif dalam membersihkan tubuh. Sistem pencernaan yang buruk dapat dengan mudah diobati dengan minum segelas air putih hangat dua kali sehari, terutama bila diminum di awal pagi. Ini akan membuang racun dari tubuh dan membersihkan sistem tubuh. Anda dapat mencampur air putih hangat dengan madu atau lemon untuk hasil terbaik.

2. Menyembuhkan sembelit;
Ini adalah masalah perut umum yang terjadi karena kurangnya air dalam tubuh, sehingga mengurangi gerakan usus. Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Air hangat dapat memecah partikel makanan dan melewatinya melalui usus.

3. Menurunkan berat badan;
Banyak ahli diet meminta pasiennya untuk minum segelas air hangat dengan lemon dan madu setiap hari untuk menurunkan berat badan. Nah, saran ini sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Air hangat dapat merusak timbunan lemak dari tubuh dan membantu dalam penurunan berat badan.

4. Obat untuk flu dan batuk;
Iritasi pada tenggorokan karena batuk atau tonsil dapat benar-benar menyakitkan. Salah satu manfaat kesehatan dari minum air hangat, mengurangi nyeri tenggorokan, batuk dan membantu dahak keluar dengan mudah.

5. Mengeluarkan keringat;
Bila minum minuman hangat, Anda akan berkeringat banyak. Ketika suhu tubuh naik, tubuh mencoba mendinginkan suhu melalui berkeringat. Berkeringat membantu membersihkan sel-sel kulit dengan mengambil kelebihan air dan garam dari sel dan tubuh.

6. Meningkatkan aliran darah;
Bila Anda minum air hangat, timbunan lemak di tubuh dibakar dan timbunan dalam sistem saraf juga diurai. Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan juga mengeluarkan racun berbahaya.

7. Mengurangi nyeri;
Minum segelas air hangat adalah obat rumah yang efektif untuk menyembuhkan kram menstruasi. Jika Anda mengalami sakit perut, sakit kepala atau badan, minum segelas air hangat adalah bantuan instan.


Hal-hal yang harus dihindari dalam mengkonsumsi air putih.

1. Tidak dianjurkan minum di sela-sela makan;
Saat makan, banyak orang kemudian minum di sela-sela makan, entah supaya tidak seret atau karena alasan lain. Tetapi kenyataannya tidak dianjurkan minum di sela-sela makan, karena pada saat makan, makanan akan dicerna dan diolah di dalam lambung dengan bantuan cairan lambung yang akan melarutkan makanan dan mengedarkannya sari pati makanan ke seluruh tubuh. Jika orang minum air di sela-sela makan, air putih bisa mengurangi cairan lambung untuk mencerna makanan, dan kemungkinan besar bisa menyebabkan buang air besar tidak lancar dan tidak tercernanya makanan secara sempurna di dalam lambung. Untuk menghindari banyak air putih yang diminum saat makan, disarankan beri jarak minum ½ – 1 jam sebelum/sesudah makan.

2. Jangan minum berlebihan, tapi bertahap;
Kebanyakan orang setelah melakukan aktifitas seharian, merasa haus yang sangat sangat dan menjadikan seseorang dehidrasi karena kekurangan cairan. Setelahnya, orang tersebut akan minum air 1 botol dalam sekali teguk. Mengkonsumsi air dalam sekali teguk tidak dianjurkan sama sekali, karena dengan minum air secara bertahap akan lebih terasa manfaatnya dibanding minum air putih langsung sekali teguk. Hanya untuk menghilangkan rasa haus sesaat. Disarankan untuk minum air putih sebelum tidur dan bangun tidur 1 gelas secara bertahap.

3. Kalau minum, lebih baik duduk, jangan berdiri;
Air minum yang masuk dengan cara minum sambil duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos- pos penyaringan yang berada di ginjal. Nah jika kita minum berdiri, Air yang kita minum tanpa disaring lagi akan langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah buang air kecil itulah penyebabnya.

4. Cari tau seberapa cukupnya cadangan air dalam tubuh;
Periksalah urine, kalau warnanya agak muda seperti sari lemon, berarti tubuh punya cukup cadangan air di dalam tubuh. Tetapi kalau urine berwarna pekat/keruh, berarti tubuh kita kekurangan air.

5. Minum air putih bisa meningkatkan mental dari kinerja otak;
Kalau melihat orang yang gampang marah, depresi, stress, berarti termasuk yang kurang minum.

6. Minum air sesuai kebutuhan;
Minumlah air 8 gelas perhari. Itu semua cuma formalitas. Tetapi apakah cukup untuk mengimbangi aktifitas keseharian kita? Minumlah air putih sesuai kebutuhan, karena makin banyak aktifitas, makin banyak air yang dibutuhkan.

Jadi, konsumsilah air putih sebijak mungkin, hindarilah minum sambil berdiri, dan jangan batasi minum air putih selama tubuh membutuhkannya.

Nah, sudahkah Anda Minum air putih hari ini ? :-D
Title: Mukjizat Air Putih
Posted by:Ijul
Published :2013-06-16T01:23:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Mukjizat Air Putih
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mukjizat Air Putih "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top