Memonitoring Jaringan Wifi di Linux

Assalamualaikum Wr. Wb.
setelah postingan saya sebelumnya tentang Instalasi Aircrack-ng dan mdk3 di linux ubuntu, sekarang saya akan berbagi cara memonitoring jaringan wifi dengan tools tersebut.

sebelumnya saya jelaskan tentang monitoring jaringan dahulu. monitoring jaringan adalah metode atau cara yang dilakukan untuk memantau kualitas koneksi jaringan computer yang dilakukan secara berkala, digunakan juga untuk mendata perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan dan komunikasi yang dilakukan. Apabila terjadi suatu penurunan kualitas koneksi ataupun terjadi down pada jaringan yang kita buat maka dengan memonitornya kita dapat mengetahui apa penyebabnya.
dengan cara ini kita dapat melihat siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi yang ada di sekitar kita.
pertama - tama, kita pastikan dahulu apakah toolnya sudah terinstall atau belum, dengan masuk terminal dan ketikkan aircrack-ng. jika disitu terdapat keterangan bahwa kita harus menginstallnya dahulu, berarti tool yang akan kita gunakan belum terinstall. maka yang harus kita lakukan adalah kita menginstallnya.
untuk cara menginstallnya saya sudah membuat postingan tersebut di postingan sebelumnya tentang Instalasi Aircrack-ng dan mdk3 di linux ubuntu.
setelah kita tool yang kita butuhkan sudah terinstall, langkah yang kita lakukan adalah :
1. mengaktifkan wlan0 untuk sebagai monitoring
sudo airmon-ng start wlan0
 ini berguna untuk memulai wlan0 sebelum memonitoring
2. tuliskan
sudo airodump-ng mon0
 untuk memulai monitoring
disana akan tertera Mac Address Client, yaitu Mac Address setiap komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. sedangkan Mac Address Router adalah Mac Address Router / Modem Wifinya. jika teman - teman ingin memonitoring salah satu hotspot masukkan perintah :
sudo airodump-ng mon0 --bssid mac_routernya
contoh : sudo airodump-ng mon0 --bssid F2:23:D3:S1:A4:9B

sekian artikel saya mengenai monitoring jaringan wifi di linux. jika ada kesalahan / kekurang jelasan dalam saya menuliskan artikel ini mohon untuk berkomentar agar saya dapat membenahi untuk kedepannya.
Sekian
Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment