Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Topologi Tree (Topologi Pohon)

Topologi Tree (Topologi Pohon)

Ciri-ciri fisik Topologi Tree:
        Merupakan kombinasi dari Topologi Bus dan Topologi Star(topologi Bintang), yaitu terdiri dari kumpulan Topologi Star yang dihubungkan dalam 1 Topologi Bus sebagai jalur backone. Oleh karena itu untuk memahami Topologi Tree , kita lebih dulu harus memahami Topologi Bus dan Topologi Star.
Atau Topologi Tree juga merupakan kumpulan Topologi Star, yaitu sentral-sentral dengan tingkat hirarki yang berbeda dihubungkan point to point sebagai backbone, oleh karena itu Topologi Tree disebut juga Topologi Bertingkat atau Topologi Hierarki.


        Topologi Tree yang merupakan kumpulan Topologi Star setidaknya harus memiliki 3 tingkat(faktor percabangan 2). Sentral Root artinya sentral induk(sebagai tingkat 1) terhubung ke satu atau dua sentral cabang(sebagai tingkat 2). Kemudian sentral cabang tingkat 2 terhubung ke satu atau dua sentral cabang (sebagai tingkat 3). Sentral Root diharapkan memiliki fungsi lebih daripada sentral cabang dari tingkat hirarki yang lebih rendah.Sedangkan node pada ujung-ujung jaringan /sentral disebut node perifer atau disebut juga end device. Dari hal yang demikian maka Topologi Tree disebut juga sebagai Topologi Extended Star.

        Pertimbangan dalam membangun Topologi Tree menggunakan protokol Ethernet adalah Aturan 5-4-3 .
Aturan 5-4-3 adalah pedoman design untuk jaringan yang menggunakan kabel Coaxial 10 Base Ethernet yang menggunakan hanya Hub atau Repeater dan tidak menggunakan Bridge, Switch ataupun Router. Artinya bahwa diantara 2 node yang paling ujung di jaringan hanya boleh ada maksimum 5 segmen yang dihubungkan oleh 4 sentral dan hanya boleh ada 3 segmen yang dapat memiliki node.

  1. Aturan 5-4-3 tidak berlaku bagi protokol lain , juga tidak berlaku pada protokol Ethernet jika design Topologi Tree menggunakan kabel Fiber Optik atau Kombinasi Fiber Optik dengan UTP maka pada kombinasi dari tulang punggung Serat Optik dengan kabel UTP tetapi aturan dijabarkan ke Aturan 7-6-5.
  2. 2. Ada yang berpendapat bahwa Topologi Tree Bertingkat sangat mirip dengan Topologi Mesh 1/2 Penuh( Topologi Mesh Partial).

Manfaat Topologi Tree:
Baik digunakan pada jaringan yang membutuhkan ukuran besar misalnya di kantor -kantor Universitas dan sebagainya.
Bahan dan Alat yang digunakan pada Topologi Tree:
  1. Node berupa berbagai peralatan TIK seperti komputer, printer, faximile dll
  2. Jenis kabel mana saja dari 3 jenis kabel yang direncanakan ada pada design (dengan memperhatikan aturan yang berlaku)
  3. Konsentrator /Repeater/Sentral /Router Jaringan seperti: Hub , Server khusus, Switch, Router, Repeataer : jenisnya disesuaikan dengan rencana design yang dipilih
  4. Konektor : sesuai dengan rencana design pengkabelan jaringan yang dipilih
  5. NIC : jenisnya sesuai dengan rencana design pengkabelan jaringan yang dipilih.

Beberapa layout Topologi Tree diantaranya adalah:

Gambar 1. Contoh 1 Skema/layout Topologi Tree


Gambar 2. Contoh 2 Skema /layout Topologi Tree 




Gambar 4. Contoh 4 Skema/layout Topologi Tree 

Gambar 5. Contoh 5 skema/layout Topologi Tree

Komunikasi Data pada Topologi Tree:
  1. Komunikasi data dalam tiap simpul dikoordinir oleh sentral yang terdapat pada simpul node masing-masing.Menyelenggarakan komunikasi pada Topologi Tree merupakan tugas setiap sentral untuk kerja sama dengan sentral yang terlibat. Sentral cabang suatu tingkat yang lebih atas berfungsi sebagai koordinator bagi sentral cabangnya juga bagi node yang terhubung ke padanya.
  2. Jika terjadi komunikasi antara node pada simpul yang berbeda maka pesan dikoordinir oleh sentral sumber pesan bekerja sama dengan sentral lain yang ada disepanjang jalur komunikasi meneruskan pesan hingga pesan mencapai pada node tujuan. Yang perlu diingat bahwa selain sebagai konsentrator jaringan sentral berfungsi sebagai koordinator dan repeater dalam komunikasi data.
  3. Pada Topologi Tree yang merupakan Topologi bertingkat, komunikasi jaringan dikontrol atau dikoordinir oleh Sentral Root. Sentral Root mampu mengkoordinir semua aktifitas komunikasi jaringan yaitu komunikasi pada sentral cabang beserta komunikasi node yang terhubung di dalam jaringan.. Sinyal yang ditransmisikan oleh Sentral Root diterima oleh semua node pada waktu yang sama.


         Sebagai ilustrasi contoh komunikasi data pada Topologi Tree misalkan pada contoh sebagai berikut:
Pada suatu jaringan yang berdesign Topologi Tree terdapat beberapa node seperti komputer, printer dan beberapa sentral yang terhubung di dalamnya.
Misalnya, node r mengirm data yang sebagai tujuannnya adalah komputer n maka prosesnya;
Data ditransmisikan ke sentral simpulnya yakni sentral cabang tingkat 3a ( SC t3(a) ) kemudian data diterima dan ditransmisikan ulang ke sentral cabang tingkat 2 SC t2 kemudian data diteruskan ke sentral cabang tingkat 3 (SC t3(b)) dan terakhir data disampaikan ke node tujuan yaitu node n.



Keunggulan :
  1. memungkinkan perluasan ukuran (skalabilitas) jaringan yakni melalui penambahan sentral root baru atau penambahan sentral cabang atau sentral seri pada tingkat hirarki yang sama sehingga memungkinkan lebih banyak lagi node dapat dihubungkan ke jaringan.
  2. mudah melakukan troubleshooting ( menemukan/identifikasi masalah dan mencari solusi untuk mengatasi masalah yang ditemukan)
  3. mudah dikelola dan dipelihara karena jaringan terbagi atas simpul -simpul jaringan bintang
  4. isolasi yakni jika suatu node rusak maka tidak akan mempengaruhi kinerja jaringan dan jika suatu simpul terganggu maka tidak akan mengganggu simpul lain.
  5. didukung oleh berbagai hardware dan software vendor(hardware dan software dari berbagai penyalur).

Kelemahan :
  1. tidak sesuai untuk jaringan skala kecil karena hanya memboroskan kabel
  2. ukuran panjang jaringan tergantung pada jenis kabel yang digunakan.
  3. jika backbone gagal maka seluruh jaringan gagal
  4. jika Sentral Root gagal maka kinerja jaringan pada semua bagian jaringan menurun.
  5. jika jaringan sudah sangat besar maka sulit melakukan konfigurasinya dan sulit pemeliharannya
Title: Topologi Tree (Topologi Pohon)
Posted by:ijul
Published :2015-09-02T23:56:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Topologi Tree (Topologi Pohon)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Topologi Tree (Topologi Pohon)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top