Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Installasi Genymotion di Linux Ubuntu/Mint 64bit

Assalamualaikum Wr. Wb.

Genymotion adalah Andoid Emulator terbaik untuk mengetes aplikasi yang kita buat di Android Studio dan juga untuk mempresentasikan hasil aplikasi buatan kita. Sebagai alat referensi untuk para penggembang Android dan sudah terhitung lebih dari 4,5 juta pengguna aktif yang menggunakan software ini.


Tentu saja untuk merun aplikasi kita jika ingin ditampilkan di device kita memang menurut saya yang paling enak menggunakan Genymotion karena menggunakan tool ini selain lebih ringan dari emulator bawaan Android Studio, juga mudah dalam pengoperasiannya. hanya saja proses installasinya sedikit banyak yang mengalami kesulitan sehingga software ini susah untuk diinstall. untuk itu saya akan berbagi pengalaman saya dalam masalah menginstallasi software ini agar teman-teman juga dapat menginstallnya di device teman-teman.

Pertama, saya sangat menyarankan anda mengunduh software  Genymotion yang versi 2.6.0 karena versi ini jarang terdapat masalah di libQt. kita bisa mengunduhnya di link di bawah ini.

Download Genymotion
karena saya hanya menyediakan yang paket manajernya menggunakan debian dan yang beraksitektur 64bit, maka untuk teman-teman yang menggunakan sistem operasi yang berbeda silahkan cari sendiri di disini. saya kira banyak tersedia software yang kita butuhkan disana.

selanjutnya setelah  Genymotion sudah terunduh, kita perlu menginstall dahulu virtualbox karena Genymotion membutuhkan software tersebut. kita bisa memasukkan perintah.

menginstall virtualbox untuk Genymotion

sudo apt-get install virtualbox
tunggu sampai proses installasi virtualbox selesai. selanjutnya kita buat file Genymotion yang sudah kita unduh tadi supaya bisa dieksekusi, dengan cara arahkan terminal menuju ke direktori dimana file Genymotion yang sudah kita unduh tadi berada, kemudian ketikkan perintah ini.

membuat file Genymotion executable

sudo chmod +x genymotion-2.6.0-linux_x64.bin
maka file tersebut akan terekstrak dan menghasilkan satu folder yang bernana genymotion. arahkan terminal supaya masuk ke direktori genymotion tersebut, kemudian eksekusi file genymotionnya dengan cara

mengeksekusi genymotion

./genymotion

maka akan muncul langkah-langkah installasinya, jika file genymotionnya belum bisa dieksekusi maka ketikkan

membuat genymotion supaya bisa dieksekusi
 

sudo chmod +x genymotion
kemudian eksekusi genymotion sama dengan langkah sebelumnya. maka akan muncul jendela installasi maka ikuti langkah-langkah tersebut hingga program genymotion berhasil terinstall. jika terdapat error libQt5 dan yang lain-lain, maka coba ketikkan

mengatasi genymotion tidak bisa diinstall



mengatasi Unable to locate package lib32bz2-1.0

sudo dpkg --add-architecture i386
sudo apt-get update
sudo apt-get install lib32z1 lib32ncurses5 lib32bz2-1.0 libstdc++6:i386 libfontconfig1:i386 libxext6:i386 libxrender1:i386 libgstreamer-plugins-base0.10-0:i386
sudo apt-get install libz1:i386 libncurses5:i386 libbz2-1.0:i386 libstdc++6:i386

untuk install libgstreamer 10


sudo apt-get install libgstreamer-plugins-base0.10-0:i386 
sudo apt-get install libgstreamer0.10-dev 
sudo apt-get install libgstreamer-plugins-base0.10-dev



lalu
sudo apt-get install libgstreamer0.10-dev libgstreamer-pugins-base0.10-dev
dan coba lagi eksekusi file genymotionnya. maka akan langsung menuju ke jendela installasi genymotion.

Sekian postingan saya kali ini. semoga bermanfaat untuk kita semua yang sedang belajar dan para newbie seperti saya. jika terdapat pertanyaan maka silahkan berkomentar atau mengirimkan persan melalui fitur kontak saya
terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Title: Installasi Genymotion di Linux Ubuntu/Mint 64bit
Posted by:ijul
Published :2016-06-19T17:31:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Installasi Genymotion di Linux Ubuntu/Mint 64bit
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Installasi Genymotion di Linux Ubuntu/Mint 64bit"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top