Kelompok KELAS KARYAWAN: Ryan Dahl Sosok di Balik NodeJS

Kelompok KELAS KARYAWAN: Ryan Dahl Sosok di Balik NodeJS

Image result for ryan dahl
Ryan Dahl, creator of NodeJS
Kali ini saya akan membagikan artikel tentang sosok di dunia IT untuk mengerjakan tugas menjadi mahasiswa baru di STMIK AKAKOM Yogyakarta.

Mungkin banyak dari kita yang tidak mengenal programmer hebat yang satu ini. Ryan Dahl, dia adalah sosok di belakang Node JS, sebuah javascript environment run-time yang dapat menjalankan javascript di luar browser, atau istilah kekiniannya digunakan di backend side. NodeJS tersebut rilis di tanggal 27 Mei 2009 dan sekarang sudah sampai ke versi 10.9.0.

Dengan NodeJS kita tidak lagi hanya dapat menuliskan kode javascript untuk keperluan tampilan saja, tapi juga bisa di jalankan di sisi server. Dan NodeJS ini sekarang sedang menjamur dimana-mana, sehingga mengakibatkan mulai tersingkirnya PHP di pasar.


Akhir-akhir ini di JSConf EU 2018 dia menyatakan bahwa ada beberapa hal yang membuatnya menyesal dengan software yang dibuatnya tersebut. Salah satunya karena pattern dan node_modules yang membutuhkan banyak memori.

Sebagai solusinya, dia sedanng membangun Deno, sama seperti NodeJS yang berjalan di atas engine V8 hanya saja dibangun menggunakan bahasa typescript. Per artikel ini dibuat, status deno tersebut masih dalam pengembangan, dan teman-teman bisa melihat roadmapnya disini https://github.com/denoland/deno/blob/master/Roadmap.md

Sekian, terima kasih sudah membaca.

Jangan lupa juga mampir ke medium saya https://medium.com/@afrijaldz

No comments:

Post a Comment