ISTILAH DALAM UJI KONEKSI PING

Assalamualaykum Wr. Wb. kawan kawan semua.
kali ini adalah tugas kedua di hari pertama saya melaksanakan PRAKERIN di STMIK AKAKOM Yogyakarta yaitu tentang istilah-istilah dalam uji koneksi ping menggunakan command prompt.
sebenarnya tugas yang diberikan cuma pengertian dari TTL , Request Time Out (RTO) dan Destination Host Unreachable. namun tak apa saya jelaskan semuanya, toh semoga juga bermanfaat bagi kalian dan pembaca.
pertama-tama, sudahkah kalian mengenal istilah ping? bukan ping dalam blackberry messanger loh ya :D
Ping adalah sebuah perintah yang digunakan untuk memeriksa konektivitas antar jaringan melalui sebuah protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) dengan cara mengirim sebuah paket Internet Control Message Protocol (ICMP) kepada alamat IP yang hendak diuji coba konektivitasnya.
contoh istilah dalam uji koneksi Ping :
1. Reply yaitu balasan berupa waktu round trip dari IP yang dituju / host.
2. Byte yaitu paket data yang dikirimkan. biasanya senilai 32 karena itu merupakan ukuran buffer default dari Windows.
3. Time yaitu waktu yang diperlukan untuk melakukan pengiriman data packet. semakin kecil nilainya maka koneksinya akan semakin baik. begitu pula sebaliknya.
4. TTL atau singkatan dari Time To Live yaitu waktu maksimum dari komputer saat membalas / mereply paket ICMP atau disebut juga latency / delay. pada Windows secara default adalah 128. jumlah TTL ini dibatasi karena untuk mencegah terjadinya Circular Routing pada jaringan, karena itu setiap kali ping packet melalui IP Host maka nilai TTL akan dikurangi satu, hingga TTL memiliki nilai 0. dengan nilai 0 ini packet akan discard dan drop dengan keterangan TTL expired in transit.
5. Request time out adalah kejadian jika komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi)
6. Destination Host Unreachable yaitu tidak dapat terjangkaunya host, jaringan, port atau protokol tertentu.

demikianlah uraian singkat mengenai istilah dalam uji koneksi ping. semoga dapat bermanfaat bagi kalian ^_^
Wassalamu'alaykum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment