Cara Cepat Belajar Linux

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Open Source ! :D
pada kesempatan kali ini postingan saya terus mengenai linux karena juga saya sedang belajar menggunakan linux untuk mendalami pengetahuan di bidang IT, dan juga karena linux Open Soure sehingga kita tidak perlu membajak lisensinya.

karena pada dasarnya kita memang seharusnya menggunakan linux untuk keperluan sehari-hari kita. meskipun sekarang ini saya masih mendualbootkan system operasi kita. namun saya usahakan untuk memprioritaskan menggunakan linux dari pada Sistem Operasi lain yang saya install.
sebagai pemula saya akan membagikan pengalaman saya selama menggunakan linux. karena saya menggunakan linux juga belum lama.

  1. Pertama yang harus kita lakukan pertama kali saat ingin belajar linux adalah mempreoritaskan penggunaan linux daripada penggunaan OS yang lain. karena ini kita akan terbiasa menggunakannya sehingga kita sudah 'klop' istilahnya dengan Sistem Operasi ini.
  2. Memulai dengan memodifikasi tampilan desktop linux. dengan cara ini, kita bisa menambah pengetahuan kita tentang perintah perintah yang ada pada linux melalui terminal. dan juga akan menambah pengetahuan kita tentang desktop Environment yang terdapat di linux, seperti KDE, Gnome, Lxde, Xfce dan lain-lain. untuk mempermudah mempelajari seni dalam memodifikasi tampilan desktop di linux, teman-teman dapat bergabung grup facebook disini
  3. Jika ada masalah, lakukan troubleshooting dengan bantuan Google atau forum forum yang terdapat di website / social media tentang linux dan distro linux yang teman-teman pakai. dengan ini juga teman-teman bisa menambah pengetahuan dan skill dalam penggunaan linux. 
  4. Cari aplikasi-aplikasi alternatif pengganti aplikasi yang teman-teman gunakan di Sistem operasi yang biasanya teman-teman gunakan. agar teman-teman tidak menggantungkan kebutuhan ke sistem operasi lama.
  5. Perbanyak teman yang menggunakan linux. ini bisa sangat membantu ketika kita sedang mendapati masalah. kita bisa bertanya suatu hal yang sebelumnya belum kita ketahui, dan meminta solusi untuk masalah tersebut.
  6. Jika sebelumnya belum pernah melihat source code dari sistem operasi linux yang digunakan, maka cobalah untuk melihat dan mempelajari dikit demi sedikit. ini berguna agar kita bisa mengoprek sistem kita sendiri tanpa harus menyalin dari orang lain.
  7. Belajar dengan sungguh sungguh dan kemauan kuat serta pantang menyerah. karena sesuatu yang kita mendapatkannya sulit, maka akan sulit juga kita akan melupakannya.
sekian tips saya tentang cara cepat belajar linux kali ini. bila ada kekurangan mohon berkomentar untuk perbaikkan kedepannya.
semoga bermanfaat kawan..
salam Open Source ! :D

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment