Install Cisco Packet Tracer di Linux Ubuntu

Assalamualaikum Wr. Wb.

bagi teman-teman yang ingin belajar konfigurasi jaringan, namun tidak punya cukup dana untuk membeli perangkatnya. tidak usah sedih kawan, karena ada solusinya, kit bisa belajar konfigurasi jaringan menggunakan simulasi dengan software bernama Cisco Packet Tracer.

Cisco Packet Tracer yaitu aplikasi simulator perangkat jaringan buatan Cisco dimana aplikasi ini dapat kita manfaatkan sebagai media belajar tentang jaringan. Aplikasi simulator tersebut tentunya dapat mempermudah kita dalam mempelajari konfigurasi perangkat-perangkat jaringan buatan Cisco seperti switch dan router. Namun, yang perlu dicatat ialah tidak semua fitur yang ada pada perangkat cisco sungguhan dapat kita jalankan di aplikasi Packet Tracer tersebut. Artinya, hanya beberapa fitur yang dapat kita jalankan di aplikasi tersebut.

untuk pengguna Windows, mungkin aplikasi ini sangat mudah didapat dan mudah untuk diinstall. namun disini saya akan berbagi cara install Cisco Packet Tracer di Linux Ubuntu, sesuai dengan judul postingan saya.

langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah mendownload aplikasinya dulu, teman-teman bisa mendownloadnya disini .

setelah proses download selesai. pindahkan file yang di download tadi ke home directory agar mudah instalasinya.

setelah itu, buka terminal dan masukkan perintah
sudo tar xzvf namafile.tar.gz
maka akan muncul folder hasil dari ekstraksi. masuk ke folder tersebut dengan cara
cd namafolder
setelah itu jika teman-teman menggunakan OS 64 bit, maka kita perlu menginstall depency. ketikkan 
sudo dpkg add-architecture i386
sudo apt-get install libnss3-1d:i386 libqt4-qt3support:i386 libssl1.0.0:i386 libqtwebkit4:i386 libqt4-scripttools:i386
jika sudah terinstall kita install aplikasi PacketTracernya
sudo ./install
ketika muncul perintah untuk membaca EULA, maka enter sampai indikator menunjukkan 99%, sabar saja pada saat langkah ini karena memang EULAnya sangat banyak :D
setelah 100% maka akan muncul pertanyaan-pertanyaan, kita cukup saya mengetik Y dan enter. tunggu sampai proses instalasinya selesai.
untuk membuka aplikasi tersebut. kita cukup mengetikkan di terminal
packettracer
selamat belajar teman-teman ^_^

sekian postingan dari saya kal ini, bila ada kekurangan mohon berkomentar supaya saya bisa membenahi kekurangan tersebut...

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment