Mengatasi Ubuntu Desktop XFCE Tidak Dapat Mengganti Desktop Wallpaper

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Opensource ! :D
Jumpa lagi dengan artikel berbau linux ini, karena memang masalah yang terjadi pada laptop saya barusan terjadi dan alhamdulillah setelah beberapa cara saya lakukan akhirnya masalahnya dapat teratasi.

kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai masalah tadi, yaitu kita tidak dapat mengganti desktop wallpaper padahal sebelumnya wallpapernya sudah terganti dan tiba-tiba wallpaper kita berubah dengan keadaan default lagi.

disini saya menggunakan Desktop Environment XFCE dimana DE ini sudah terinstall otomatis jika kita menginstall Backbox Linux yang distribusinya Ubuntu ini. Xfce sendiri adalah sebuah lingkungan desktop yang berbasis GTK+2 sama seperti GNOME. DE (Desktop Environment) ini banyak digunakan pada beberapa distro Linux yang memiliki pandangan bahwa kinerja suatu sistem itu lebih utama ketimbang tampilan yang mengakibatkan kinerja dari sebuah sistem menjadi lambat.

langsung saja menuju ke bahasan topik utama kita, untuk mengubah desktop wallpapernya lagi pertama-tama yaitu
pastikan file gambar sudah terletak di /home/USER/
karena jika kita meletakkan file gambarnya selain disana maka kita harus mount terlebih dahulu setiap startup dan perubahan wallpapernya tidak bisa otomatis (cmiiw)

setelah itu kita refresh desktop kita dengan cara
tekan Alt + F2 dan masukkan xfdesktop lalu klik enter
setelah itu kita masuk ke file manager dan coba klik kanan pada file gambar yang akan kita jadikan wallpaper. lalu pilih Set as Wallpaper. dan tunggu beberapa saat. mungkin wallpaper ubuntu kita sudah sesuai dengan yang kita harapkan.

Sekian postingan saya kali ini, jika kurang paham atau terdapat kesalahan/kekurangan mohon berkomentar untuk perbaikkan kedepannya. terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel ini..

Wassalamualaikum Wr. Wb.
 

No comments:

Post a Comment