Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Macam - macam LAN CARD

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Siang teman-teman blogger semua. Kali ini aku bakal posting tentang jenis-jenis lan card.Terdapat beberapa nama yang biasa digunakan dalam menyebutkan barang yang satu ini. dalam forum belajar mengajar di sekolah nama nya adalah Network Interface Card, Ethernet Card, dll. dan di tempat jualan sparepart komputer disebut LAN Card.Ketiga nama itu benar semua , terserah mau menyebutnya dengan nama apa, namun yang akan dibahas kali ini buka masalah nama nya, melainkan jenis nya. jenis ini erat kaitan nya dengan teknologi yang digunakan dan masa produksi nya.
Perlu sobat ketahui sebelumnya bahwa, keberadaan LAN Card ini hanya sebagai tambahan saja, jadi apabila memberi motherboard baru yang sudah include Port Jaringan di panel belakang nya dan hanya memerlukan 1 koneksi saja, maka itu sudah cukup bagi sobat. namun apabila ada diantara sobat yang kebutuhan kartu jaringan nya lebih dari 1 maka ini menjadi solusi nya.

1. LAN Card ISA
Jenis ini yang pertama kali di produksi oleh perusahaan kartu jaringan dengan ciri khas slot nya berwarna hitam dan berjumlah antara satu sampai 3, Outpunya konektornya bisa BNC dan RJ45.
merk nya : 3com, Realtake, intel, dll


LAN Card ISA

2. LAN PCI
Jenis ini merupakan kelanjutan dan bahkan menjadi pengganti generasi Jenis ISA, jenis ini mulai diproduksi pada tahun 1992 hingga saat ini, dan digunakan pada Motherboard mulai Pentium 1 hingga saat ini, namun beda nya motherboard lama jumlah slot nya banyak kurang lebih 5 slot PCI, nah saat ini slot PCI semakin dikurangi bahkan untuk merk-merk motherboard tertentu slot PCI hanya satu slot saja. alasan nya mungkin karena teknologi jaringan sekarang sudah di integrasikan dengan port Jaringan Internal.
merk nya : 3com, Realtake, D-Link, TP-Link, intel, dll

LAN Card PCI

3. LAN Card USB
Jenis ini sebagai solusi akhir apabila sobat kehabisan slot PCI, hehe.. atau juga mungkin karena sobat ingin simpel, karena jenis ini bisa di pasang dan di lepas, karena cukup di tancapkan pada port USB baik belakang ataupun depan. jadi sobat bisa menancapkan nya ke port USB dan Output nya Port RJ45 (Port LAN)
Merk nya : Logitech, Fujitsu, D-Link, dll

USB LAN Card

4. PCI Wirelless LAN Card
Nah kalau yang satu ini apabila sobat ingin jaringan tersebut dibangun tanpa menggunakan media kabel melainkan menggunakan media wirelless, jadi selain dengan USB Wirelles ini bisa menjadi alternatif. dengan jenis ini pemasangan nya pada slot PCI tetapi output nya antena wirelless.
Merk nya : TP-Link, D-Link, dll

PCI Wirelless LAN Card

5. Wirelless Adapter / Wirelless USB
Sedangkan perangkat yang ini merupakan alat jaringan yang sama pula ditancapkan pada port USB, alat ini simpel karena bisa dibawa kemana-mana dan dipindak komputer kan. input nya USB dan outputnya Wirelless sehingga apabila di area sekitar ada wirelless maka ini bisa menjadi wirreles Client nya. teknologi jaringan nya terbagi tiga yaitu wirelless B, G dan N. Wirelles B beroperasi berdasarkan standard 802.11b bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps berada pada frequensi 2.4 GHz, Wirelles G beroperasi berdasarkan standard 802.11g bekerja dengan kecepatan maksimum 54 Mbps, Wirelles N beroperasi berdasarkan standard 802.11n bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps
Merk nya: LinkSys, TP-Link, dll

USB Wirelles

6. CardBus /PCMCIA
yang ini dipakai pada slot Cardbus atau PCMCIA untuk notebook. Kartu jaringan ini lebih banyak dipakai untuk kartu jaringan wireless, walaupun pada awalnya banyak diproduksi adapter LAN dengan speed 10 Mbps

Cardbus PCMCIA

7. ExpressCard
Adalah jenis kartu yang banyak diadopsi oleh notebook belakangan ini mulai akhir tahun 2006-an. Keuntungan utama dari technology ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth. ExpressCard mempunyai koneksi langsung kepada system bus melalui suatu jalur X1 Express PCI dan USB 2.0. ExpressCard mempunyai kapasitas keluaran bandwidth maksimum sampai 2,5 Gbps melalui PCI Express dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps.


express-card SanDisk

Sekian sobat, peralatan diatas nomor satu sampi 4 bisa sobat pakai pada Komputer Personal (PC) sedangkan nomor 5 bisa digunakan untuk PC dan untuk Notebook/Netbook. dan nomor 6 dan 7 hanya digunakan untuk Notebook
Title: Macam - macam LAN CARD
Posted by:Ijul
Published :2015-09-16T23:47:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Macam - macam LAN CARD
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam - macam LAN CARD"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top