Arsip

Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 dengan Diskpart CMD

Assalamualaykum Wr. Wb. pembaca blog saya yang dirahmati Allah Swt.
alhamdulillah disela-sela kegiatan prakerin saya masih mempunyai waktu untuk memposting di blog saya ini.
kali ini saya akan memberi tutorial membuat flashdisk bootable dengan diskpart.
sebelumnya, menggunakan flashdisk bootable tentunya sangat diperlukan oleh pengguna Netbook yang akan menginstall ulang netbooknya, karena netbook tidak mempunyai optical disk drive untuk memasukkan DVD master SO yang akan diinstall.

langsung saja menuju ke langkah - langkahnya.
  1. Langkah yang pertama yaitu masuk ke Command Prompt, dengan masuk ke run ( Windows + R) dan ketikkan cmd lalu tekan tombol enter.
  2. setelah masuk ke tampilan Command Prompt, ketikkan diskpart lalu tekan enter, tunggu sampai tulisannya berubah menjadi DISKPART>
  3. setelah tampilan sudah sama seperti gambar diatas, maka kemudian ketik list disk untuk melihat daftar disk yang terpasang pada laptop anda.
  4. gambar diatas menunjukkan bahwa di laptop terdapat dua disk, dimana Disk 0 adalah hardisk yang terpasang di dalam laptop dan disk 1 adalah flash disk yang terpasang di port USB kita. kemudian kita memilih disk yang akan dibuat bootable, yaitu flashdisk kita caranya dengan mengetik select disk 1 (angka satu disini adalah letak flashdisk kita, mungkin di laptop anda bisa berbeda) tekan enter. hati hati dalam langkah ini, pastikan disk yang terpilih adalah flashdisk karena langkah selanjutnya adalah memformat.
  5. setelah kita sudah memilih flashdisk kita, ketikkan clean kemudian tekan enter.
  6. setelah sukses memformat disk yang ditandai dengan tulisan DiskPart succeded in cleaning the disk. maka selanjutnya adalah membuat partisi di flashdisk kita agar dapat dimasuki file. ketikkan create partition primary lalu tekan enter.
  7. setelah sukses kemudian pilih partisi yang tadi dibuat dengan memasukkan perintah select partition 1.
  8. partisi sudah terpilih maka kemudian mengaktifkan partisi tersebut, ketikkan active tekan enter.
  9. setelah aktif kita tinggal membuat format disk di flashdisk kita dengan format FAT32, dengan cara ketikkan format fs=fat32 tekan enter. proses ini memakan sedikit banyak waktu, mungkin bisa berpuluh menit. tunggu sampai 100 percent completed.
  10. jika sudah selesai maka akan ada tulisan DiskPart Successfully formatted the volume. langkah selanjutnya ketikkan  assign lalu tekan enter.
  11. kemudian ketik exit tekan enter untuk keluar dari Command Prompt.
  12. kemudian copy seluruh isi dari DVD master Sistem Operasi Windows 7 ke dalam flashdisk tersebut.
berakhirnya pengkopian pada langkah diatas maka proses pembuatan bootable flashdisk selesai. sekarang anda bisa menggunakan flashdisk ini sebagai bootlabe USB pada netbook, laptop atau komputer yang dilengkapi dengan fitur boot from USB pada boot priority di BIOS.

Note : cara ini hanya pada Windows Vista dan 7. belum saya coba di windows XP, 8 dan 10.

sekian artikel saya ini. bila ada kekurangan mohon berkomentar, biar saya bisa memperbaiki untuk kedepannya lebih baik. terima kasih sudah membaca.

Wassalamualaykum Wr. Wb.
Title: Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 dengan Diskpart CMD
Posted by:Ijul
Published :2015-03-17T20:08:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 dengan Diskpart CMD
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 dengan Diskpart CMD"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top