Arsip

Popular

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Membuat Jaringan Ad Hock di Windows 8.1

Assalamualaykum Wr. Wb. pembaca blog saya yang dirahmati Allah Swt.
kali ini saya akan membagi pengetahuan yang baru saja saya dapatkan. ceritanya saya mendapat tugas Remote Desktop oleh Pak Kuindra, namun karena kampus sedang aktif dan semua ruangan terpakai untuk pembelajaran,
maka kami mendapatkan ruangan yang tidak ada koneksi internetnya. saya ditanya oleh Pak Kuindra bagaimana cara anda mengkoneksikan kedua laptop tanpa adanya jaringan. lalu Pak Kuindra menyuruh saya untuk mencari referensi membuat laptop menjadi Access Point. setelah pulang saya mencari hal itu.
ad hoc merupakan jaringan area lokal yang perantaranya menggunakan wireless, sehingga tidak menggunakan kabel. untuk membuat Ad Hoc, di windows 7 sudah terdapat fiturnya, namun entah kenapa di Windows 8 dihapus, jadi kita harus membuatnya lewat DOS / Command Prompt.
langsung saja ke caranya.
  1. Masuk ke Command Prompt sebagai Administrator. caranya dengan masuk ke menu. ketikkan cmd pada kolom search, klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as Administrator.
  2. karena tidak semua laptop/netbook support untuk membuat Ad Hoc maka kita cek dahulu apakah device kita support untuk membuat Ad Hoc dengan cara ketikkan netsh wlan show driver lalu tekan enter.
  3. maka akan muncul keterangan tentang kumpulan driver pada jaringan wireless di laptop anda.
    jika Hosted Network Supported hasilnya 'YES' maka selamat, laptop anda bisa membuat jaringan Ad Hoc dengan lancar, namun jika hasilnya 'No' maka hardware anda tidak support untuk bisa membuat jaringan Ad Hoc sendiri dan artinya diperlukan updgrade hardware.
  4. Setelah kita tahu laptop kita bisa digunakan untuk membuat Ad Hoc, maka langkah selanjutnya adalah membuat SSID yang nantinya sebagai nama jaringan Ad Hoc yang kita buat, caranya ketikkan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN ANDA key=PASSWORD JARINGAN ganti tulisan yang berwarna merah sesuai dengan keinginan anda tanpa menggunakan spasi, password tersebut  digunakan client untuk masuk ke jaringan yang kita buat dan minimal menggunakan 8 karakter tanpa menggunakan spasi. kemudian tekan enter. maka akan muncul tampilan seperti berikut.
  5. jika sudah ada seperti diatas maka jaringan Ad Hoc sudah terpasang di laptop anda tinggal kita mengaktifkannya dengan cara ketik netsh wlan start hostednetwork kemudian enter. maka Ad Hoc yang kita buat tadi sudah bisa digunakan.
namun jaringan tersebut belum bisa terkoneksi dengan internet. jaringan itu hanya sebatas Jaringan Area Lokal (LAN). jika kalian punya akses internet dan ingin di masukkan ke dalam Ad Hoc tersebut. anda bisa mengaturnya di Control Panel. langkahnya sebagai berikut.
  1. masuk ke Control Panel, pilih Network and Sharing Center, klik Change Adapter Settings.
  2. kemudian klik kanan di Wi-Fi pilih propertis dan masuk ke tab Sharing. atur internet sharing connectionnya dengan mencentang checkbox yang diatas dan pilih home networking connectionnya dengan Local Area Connection* 16 karena itu merupakan adapter Ad Hoc yang kita buat tadi.
jika sudah maka anda sudah membuat hotspot sendiri di Windows 8.1 tanpa mengguanakan software apapun..
jika anda ingin mematikan fungsi Ad Hoc di Windows 8.1 jika sudah tidak digunakan yaitu caranya cukup mudah, dengan buka CMD, lalu ketikkan netsh wlan stop hostednetwork maka koneksi Ad Hoc pun hilang.
sekian artikel saya mengenai Cara membuat jaringan Ad Hoc di Windoes 8.1 semoga bermanfaat.
jika ada kekurangan atau kesalahan dalam saya menyampaikan mohon berkomentar untuk perbaikkan saya selanjutnya. terima kasih sudah membaca.
Wassalamualaykum Wr. Wb.
Title: Membuat Jaringan Ad Hock di Windows 8.1
Posted by:ijul
Published :2015-03-18T05:50:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Membuat Jaringan Ad Hock di Windows 8.1
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Membuat Jaringan Ad Hock di Windows 8.1"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top